Breaking News
Loading...
Kamis, 30 April 2015

Info Post
Kompresor torak sampai saat ini adalah yang paling banyak dipaki untuk keperluan refrigerator. Terutama dipergunakan dengan refrigeran yang memerlukan pergerakan torak (piston displacement) yang kecil dan mengembun pada tekanan yang tinggi. Refrigeran yang banyak dipakai dengan kompresor torak adalah: R-12, R-22, R-500, R-502 dan R-717. Prinsip kerja kompresor torak ini seperti pada motor bakar dua langkah (2-stroke). Pada kompresor torak juga terdapat silinder dimana torak bergerak bolak-balik didalamnya. Gerak bolak-balik ini disebabkan oleh gerak putar poros engkol (crank shaft) yang digerakkan oleh motor listrik. Pada waktu langkah isap, torak bergerak ke bawah, terjadi penurunan tekanan atau vakum di dalam silinder antara torak dan tutup silinder sehingga katup hisap (suction valve) terbuka. Refrigeran gas dapat dihisap masuk melalui katup hisap ke dalam silinder. Pada langkah tekan (kompresi) torak bergerak ke atas memampatkan gas dan mendorongnya keluar melalui katup tekan (discharge valve) ke kondensor. Kemudian torak bergerak ke bawah dan ke atas lagi begitu seterusnya sehingga kompresor torak disebut dengan kompresor bolak-balik.

Pada kompresor yang kecil, lapisan film minyak pelumas pada dinding silinder telah cukup kuat untuk menahan tekanan gas yang bocor diantara torak dan dinding silinder. Oleh karena itu torak dengan diameter kurang dari 50 mm pada umumnya tidak memakai cincin torak (piston ring). Untuk menghindari gas bocor kembali melalui katup kompresor maka katup kompresor harus direncanakan agar dapat menutup dengan cepat dan rapat. Agar katup dapat mudah membuka dan cepat menutup, katup harus dibuat dari logam yang ringan dan konstruksinya dibuat agar dapat cepat terangkat. Katup harus kuat dan dapat diandalkan juga harus bekerja dengan teratur dan otomatis.

1 komentar:

  1. Stainless Steel vs Titanium Apple Watch
    Stainless 2018 ford fusion energi titanium Steel vs Titanium Apple Watch: Made in Taiwan. pure titanium earrings Tested and works very well. titanium legs Features in this apple watch titanium vs aluminum watch. The inside is a glass case 2020 escape titanium

    BalasHapus