Mesin diesel merupakan mesin kalor yang menggunakan tekanan (kompresi) untuk
mencitakan temperatur tinggi dalam ruang mesin, sehingga dapat membakar bahan bakar
yang diinjeksikan ke dalam ruang mesin tersebut secara spontan. Oleh karena itu kompresi
yang dihasilkan pada ruang mesin jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kompresi pada
mesin bensin. Kompresi yang tinggi ini memerlukan tingkat kekuatan alat yang tinggi
pula.
Mesin diesel memiliki tingkat efisiensi termal terbaik dibandingkan mesin-mesin kalor
lainnya karena memiliki rasio kompresi yang sangat tinggi. Mesin diesel kecepatan
rendah, seperti mesin kapal mampu menghasilkan efisiensi lebih dari 50%.
Keunggulan
Berikut adalah beberapa keunggulan mesin diesel, antara lain:
1) Memiliki tingkat efisiensi tinggi dibandingkan mesin kalor lainnya,
sehingga irit bahan bakar
2) Memerlukan bahan bakar dengan bilangan oktan yang tidak terlalu tinggi,
sehingga bahan bakar diesel lebih murah dibandingkan bahan bakar mesin
kalor lainnya.
3) Tahan lama pada temperatur tinggi, karena komponen mesin dirancang
untuk temperatur tinggi, sehingga tahan untuk digunakan dalam jangka
waktu lama
Kelemahan
Berikut adalah kelemahan mesin diesel, antara lain:
1) Komponen-komponen mesin memiliki harga yang cukup mahal karena
dedesain untuk dapat bekerja dengan bagus pada tekanan tinggi
2) Adanya emisi gas buangan yang tinggi akibat pengaruh mutu bahan bakar,
di mana mutu bahan bakar diesel (solar) lebih rendah daripada bensin
3) Tingkat kenyamanan kurang jika digunakan dalam kendaraan bermotor.
Hal ini disebabkan karena getaran mesin yang terlalu tinggi
Dalam aplikasinya, mesin diesel banyak digunakan pada kendaraan-kendaraan
besar yang menempuh jarak jauh, karena mesin diesel tahan terhadap temperatur
tinggi dalam jangka waktu yang lama.
Mesin Diesel
Info Post
0 komentar:
Posting Komentar