Breaking News
Loading...
Kamis, 30 April 2015

Info Post
Perhatikanlah mesin berikut. Gambar tersebut memperlihatkan pembekaran yang terjadi secara terus menerus pada ruang mesin (mesin diesel). Dalam hal ini yang berperan sebagai sistem adalah udara di dalam ruang mesin. Mula-mula udara masuk ke ruang mesin (intake), sehingga volume ruang mesin membesar. Saat volume udara sudah cukup, piston terdorong ke dalam dan saat itu juga bahan bakar (fuel) bertekanan tinggi diinjeksikan, sehingga terjadi pembekaran.
Saat terjadi pembakaran, udara dalam mesin menjadi panas, sehingga tekanannya meningkat. Tekanan yang meningkat menyebabkan piston terdorong keluar dari ruang mesin. Beberapa saat kemudian piston terdorong ke dalam lagi bersamaan dengan membukanya katup pembuangan, sehingga sisa pembakaran akan terdorong keluar. Piston dihubungkan dengan sebuah roda, sehingga setiap gerakan piston menyebabkan roda berputar.
Saat piston terdorong keluar, sistem dikatakan melakukan usaha, karena volume sistem membesar. Saat piston terdorong ke dalam, lingkungan dikatakan melakukan usaha karena volume sistem berkurang (usaha sistem negatif).

0 komentar:

Posting Komentar